Angry Birds -  Help CARLOS SANTANA - gravitasi dunia jazz | all about MUSIC

Pages

Rabu, 17 Agustus 2011

CARLOS SANTANA - gravitasi dunia jazz


Terlahir sebagai seorang Gitaris. Lahir 20 Juli 1947, di Autlán de Navarro, Meksiko. Ayahnya, Jose, adalah seorang pemain biola profesional dicapai, dan Carlos belajar bermain gitar pada usia 8. Pada tahun 1955, keluarganya pindah dari Autlán de Navarro ke Tijuana, kota perbatasan antara Meksiko dan California. Sebagai seorang remaja, Santana mulai tampil di klub Tijuana strip, terinspirasi oleh rock Amerika & roll dan musik blues dari artis-artis seperti BB King, Ray Charles, dan Little Richard. Pada awal 1960-an, Santana pindah lagi dengan keluarganya, kali ini ke San Francisco, di mana ayahnya berharap untuk mencari pekerjaan.
Di San Francisco, gitaris muda mendapat kesempatan untuk melihat idolanya, terutama Raja, melakukan hidup. Dia juga diperkenalkan ke berbagai pengaruh musik baru, termasuk jazz dan musik rakyat internasional, dan menyaksikan gerakan hippie berkembang berpusat di San Francisco pada tahun 1960-an. Setelah beberapa tahun menghabiskan bekerja sebagai pencuci piring di restoran dan bermain untuk receh di jalanan, Santana memutuskan untuk menjadi seorang musisi penuh waktu; pada tahun 1966, ia membentuk Santana Blues Band, dengan sesama musisi jalanan David Brown dan Gregg Rolie ( bassis dan pemain keyboard, masing-masing).
Dengan perpaduan mereka sangat asli Latin-infused irama rock, jazz, blues, salsa, dan Afrika, band (yang dengan cepat menjadi hanya dikenal sebagai Santana) mendapatkan pengikut langsung pada adegan San Francisco klub. Awal keberhasilan band, capped off oleh kinerja mengesankan di Woodstock pada tahun 1969, menyebabkan kontrak rekaman dengan Columbia Records, kemudian jalankan oleh Clive Davis. Album pertama mereka, Santana (1969), didorong oleh satu Top 10, "Cara Jahat," pergi triple platinum, terjual lebih dari empat juta eksemplar dan sisanya di chart Billboard selama lebih dari dua tahun. Abraxas, dirilis pada 1970, pergi platinum, mencetak dua hit single lagi, "Oye Como Va" dan "Perempuan Black Magic." Berikutnya band dua album, Santana III (1971) dan Caravanserai (1972), juga keberhasilan kritis dan populer.
Sebagai personil band ini sering berubah, Santana (band) datang untuk dihubungkan hampir secara eksklusif dengan Santana sendiri? Yang segera menjadi satu-satunya anggota yang tersisa dari trio asli dan riff gitarnya psikedelik?. Selain karyanya dengan bandnya, Santana dicatat dan dilakukan dengan sejumlah musisi lainnya, terutama drummer Buddy Miles, pianis Herbie Hancock, dan gitaris John McLaughlin. Seiring dengan McLaughlin, Santana menjadi pengikut setia Sri guru spiritual Chimnoy selama awal 1970-an. Kecewa dengan dunia, memabukkan obat-kacau 1970-an musik rock, Santana berpaling kepada ajaran Chimnoy dari meditasi dan untuk jenis musik baru spiritual berorientasi, ditandai dengan album jazz yang populer dia direkam dengan McLaughlin, Cinta, Pengabdian, Menyerah, di 1973.
Sepanjang 1970-an dan awal 1980-an, Santana dan band-nya merilis serangkaian album sukses dalam gaya mereka yang unik. Album penting dari periode ini termasuk Amigos (1976) dan Zebop (1981). Selama tahun 1980, ia terus tur dan merekam solo dan dengan band, tapi popularitasnya mulai menurun dengan bunga komersial penonton yang berkurang dalam campuran jazz / rock. Namun demikian, Santana mendapatkan pujian kritis sepanjang dekade, pemenang Penghargaan Grammy pertama, karena Instrumental Performance terbaik, untuk album solo 1987 Blues untuk Salvador. Dia melakukan tur secara luas, bermain di auditorium terjual habis dan pada wisata seperti LiveAid (1985) dan Amnesty International (1986).

0 komentar:

Posting Komentar